Jumat, 07 Oktober 2011

Contoh Sambutan


KEBERSIHAN LINGKUNGAN DESA

Terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya, sebelum saya mulai menyampaikan sepatah dua patah kata dalam sambutan ini, marilah kita terlebih dahulu mengucapkan panganjali umat.
“OM SWASTYASTU”
            Yang terhormat Bapak Kepala Desa atau yang mewakili, yang saya hormati Bapak dan Ibu pegawai kantor desa, yang saya hormati para hadirin sekalian termasuk adik-adik siswa SD yang hadir pada kesempatan kali ini dalam kegiatan bersih-bersih di lingkungan desa ini.
            Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmatnya kita dapat bertemu di hari yang berbahagia ini.
           Hadirin yang terhormat, dalam  kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan masalah-masalah lingkungan seperti halnya sampah, meluapnya air di saluran air, tanah longsor, dan sebagainya. Diantara masalah tersebut, yang paling sering kita jumpai adalah masalah tentang sampah. Sampah di desa ini terlihat agak kurang diperhatikan dan berserakan dimana-mana. Hampir di setiap tempat umum seperti pasar, lapangan, bahkan di sungai. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah kita sendiri yang tinggal di desa ini. Kita sebagai warga masyarakat sering tidak memperhatikan yang namanya sampah. Sering kita jumpai ada warga yang membuang sampah sembarangan seperti di selokan, tepi jalan dan sungai. Bahkan di sekolah-sekolah pun ternyata masih ada sampah yang berserakan.
            Akibat dari sampah-sampah ini sangatlah besar. Jika di saluran air/selokan dipenuhi sampah dan terjadi hujan deras bisa menyebabkan banjir. Apalagi jika sungai-sungai kita dipenuhi oleh sampah, akan menimbulkan pemandangan yang sangat buruk. Dan jika semua lingkungan desa ini dipenuhi sampah maka desa kita ini bisa dicap sebagai “desa sampah” oleh warga masyarakat lain. Apakah anda mau keadaan ini tetap berlanjut? Pasti tidak bukan! Oleh karena itu semua elemen dari masyarakat diharapkan mau mendukung dan bersatu menanggulangi sampah.
            Maka dari itu, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan 6 program dalam menanggulangi sampah, diantaranya :
1.      Memberikan penyuluhan tentang sampah ke setiap RT.
2.      Membuat tong sampah yang besar yang terdiri dari jenis sampah organik dan sampah plastik.
3.   Membuat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang digunakan untuk menampung sampah plastik sementara yang selanjutnya diangkut dan dijual kepada Dinas Kebersihan.
4.      Mensosialisasikan kepada warga untuk membuat pupuk kompos dari bahan organik.
5.      Membuat peraturan dan sanksi tentang pembuangan sampah.
6. Diharapkan kepada warga masyarakat agar membiasakan anaknya untuk membuang sampah pada tempatnya.
Semua program tersebut bisa menjadi berguna jika semua warga desa ikut mendukung dan mau melaksanakannya dengan baik dan benar. Saya mengharapkan Bapak Kepala Desa dan masyarakat bisa bekerja sama dalam menanggulangi sampah.
Demikian sambutan saya ini, jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda saya mohon maaf. Atas perhatian dan partisipasinya, saya ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan memberkati kita selalu. Akhir kata saya ucapkan parama shanti.
OM SANTIH, SANTIH, SANTIH OM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar